Syarat Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang Programmer

Syarat Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang Programmer – Mungkin masih banyak orang yang suka kebingungan, lalu bertanya-tanya tentang… programmer itu seperti apa sih? pekerjaanya mereka ngapain aja? enak nggak menjadi programmer?

Ya, mimin rasa masih banyak yang berpendapat seperti itu, terutama masyarakat Indonesia. No problem, karena hal ini wajar terjadi :)

Sekedar informasi saja, programmer itu adalah istilah yang merujuk dari asal kata “program”. Jadi apabila ada kata “programmer”, maka artinya itu adalah orang yang membuat program (programmer).
Lalu program yang di sini, maksudnya yang seperti apa sih?

Programmer Indonesia

Oke, tenang-tenang… mari kita kumpas bersama-sama.

Melihat perkembangan dunia yang selalu dan selalu tidak jauh dari yang namanya teknologi, maka bisa dikatakan peran seorang programmer telah ada nilainya tersendiri untuk bagian itu. Peran programmer dalam perkembangana dunia teknologi (IT) sangatlah berperan besar. Tanpa adanya seorang programmer mungkin kita tidak akan mengenal yang namanya handphone, iphone, android, komputer, dan lain-lain.

Seriuskah ini? Ya, tentu saja.

Kamu tahu windows? tahu photoshop? tahu android? tahu Angry Bird? tahu Flappy Bird? tahu Facebook? tahu Instagram? tahu twitter? tahu blogspot? tahu website?

Itu semua seorang programmer yang buat. Bayangkan tanpa kehadiran mereka? Waduh, mungkin kalian nggak akan terasa gaul deh hidupnya dengan kata lain “basi”.

Programmer ada dari sejak dulu, pastinya sejak pertama kali komputer ada. Seorang programmer bisa di bilang adalah aktor di balik layar terciptanya hal-hal yang berbau dengan bidang IT. Jadi, sekiranya jangan anggep sepele lagi deh sama seorang programmer.

Di luar negeri sana. Contohnya negara Amerika, Eropa, Inggris, Jerman, Jepang. Menjadi seorang programmer adalah pekerjaan yang di bayar cukup mahal. Namun sayang untuk di Indonesia, programmer di bayar dengan bayaran yang tidak sebanding dengan pekerjaan. No problem, mungkin ini belum waktunya saja, mimin yakin untuk beberapa tahun kedepan, yang namanya seorang programmer akan di bayar mahal untuk di Indonesia. I trust that.

Well, pembukaan yang cukup panjang. Kita masuk ke inti postingan.

Di Indonesia saat ini, programmer udah menampakkan “taji” nya. Banyak universitas-universitas atau institusi yang ada jurusan atau perkuliahan tentang programming. Ini keren.

Dan, sebagai panduan bagi kalian yang ingin terjun ke arah programmer. Ini mimin kasih, beberapa syarat yang di butuhkan untuk menjadi seorang programmer.


1. Logika dan Imajinasi
Seorang programmer harus memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah tidak saja dengan satu jawaban tapi bisa lebih dari satu. Di sini pentingnya logika dan imajinasi untuk mencari cara penyelesaian berbeda namun mendapat hasil yang baik. Untuk ini kita harus memiliki dasar menghitung atau matematika yang kuat.

2. Penasaran dan Tidak Gampang Menyerah
Pada dasarnya programmer akan selalu dihadapkan pada persoalan yang kompleks untuk menyelesaikan bahasa pemrogramman untuk menghasilkan output maksimal. Demikian kompleksnya persoalan yang harus dipecahkan menuntut konsistensi kita untuk tidak putus asa dan selalu ingin tahu.

3. Kuliah di Jurusan Pemrograman
Sebenarnya ini syarat penunjang. Menjadi seorang programmer tidak harus sekolah, tapi ini umumnya penting. Belajar programming itu bisa secara otodidak. Namun akan tampak beda, antara programmer otodidak dengan yang berada di pendidikan. Apa saja itu? Nanti tunggu postingan mimin yang selanjutnya ya.

4. Rajin, Tekun dan Ulet
Belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah karena begitu banyak macam bahasa pemrograman yang perlu dikuasi belum lagi dihadapkan pada kasus kasus tertentu yang mengharuskan seorang programmer memeras otak menciptakan suatu aplikasi terbaru dan lain daripada yang lain. Bahasa pemrograman tersebut antara lain HTML, PHP, Java, Python, ASP, C++ dan masih banyak lagi.

5. Rela Begadang
Poin ini tidak wajib, namun biasanya belajar pemrograman membutuhkan waktu yang cukup lama, dan terkadang akan menyita waktu yang cukup banyak. Jadi, siap-siap untuk rela begadang.

6. Mencintai Pemrograman
Jika sudah cinta sesuatu atau seseorang, apapun pasti akan kita lakukan, bukan? Nah, sama halnya dengan menjadi programmer, kalau sudah cinta kita akan sukarela dan tidak merasa terpaksa mempelajari kerumitan yang ada pada bahasa pemrograman.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang ingin menjadi seorang programmer :)

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Syarat Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang Programmer"

  1. Like Point 5. Rela Begadang, coba lihat tempat para programmer begadang, pasti berantakan :D

    ReplyDelete
  2. kalau dengan hardisk/perangkat kerasnya,apa perlu yang canggih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hardware paling kita butuh komputer/laptop, karena berawal dari situlah untuk memprogram dll

      Delete
    2. Pastilah Bro ..Kalau Hardisk nya Canggih pasti program nya jgšŸ‘ #Indonesi Bisa..Maaf Bukan Aku Asli..

      Delete
  3. Kayaknya prospek programmer di Indonesia bagus, bro. Gua dulu pengen kuliah ngambil IT, tapi ga jadi. Sekarang ngambil Teknik Mesin smt 7. Berasa salah jurusan :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijalanin aja bro, bisa les pemrograman walaupun kuliah ngambil mesin.

      Delete
  4. Kalo udah buat aplikasi/program dijualnya kmna bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke org yg membutuhkan gan, atw jug bisa dipromosikan

      Delete
  5. Kalo udah buat aplikasi/program dijualnya kmna bang?

    ReplyDelete
  6. Anonymous6:40:00 PM

    Kalo programmer itu jurusan RPL apa TKJ waktu SMK/STM

    ReplyDelete
  7. Anonymous4:29:00 PM

    hwaa... knp harus ada Matematika :v ... ngomong'' matematikanya bagaimana? susahkah? contohnya gimana?

    ReplyDelete
  8. Maaf tumpang ye Pak.

    Atas nama Teguh Esha dan sesuatu dan sesuatu semoga cepat habis apa jua dugaan hidup aku hal sesuatu macam-macam itu.

    My full application MS Visual Basic 4.0 System Library 1.0
    https://goo.gl/19Ucqs

    Codes for the System Library 1.0 Sekadar untuk lihat-lihat terkenangkan setiap abjad dan sebagainya
    https://goo.gl/FA26WS

    Google Profail
    https://goo.gl/wZ38Nv

    ReplyDelete
  9. makasih gan jadi semanagat,,,, baru permulaan VB moga cepat menguasainya amin,, :)

    ReplyDelete
  10. makasih gan jadi semanagat,,,, baru permulaan VB moga cepat menguasainya amin,, :)

    ReplyDelete
  11. gimana sih caranya supaya aplikasi kita tidak bisa di bajak orang

    ReplyDelete
  12. Ka. Kalo mau jadi programmer jurusan nya itu Teknik informatika kan? Nah di kota aku teknik informatika itu D3 Ka. Itu gimana? Gak papa kah?

    ReplyDelete
  13. Artikel yang bermanfaat. Indahnya saling berbagi pengetahuan dan keilmuan. Silahkan singgah di blog perkuliahan pemrograman saya:

    http://rismonhasiholansianipar.blogspot.co.id

    http://rhsianipar.blogspot.co.id

    http://rismonhsianipar.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  14. Cita-cita aku banget menjadi programmer itu

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda dengan dipostingan ini. Mimin pasti akan mengunjungin balik blog kalian. Salam blogger !